TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI TEROBOSAN STRATEGI BISNIS UNTUK KEBERLANJUTAN UKM DI MASA PANDEMI : SURVEI PADA UKM DI KOTA SUBANG JAWA BARAT

  • Rismayanti Awalliyah STIE Sutaatmadja Subang
  • Estu Widarwati STIE Sutaatmadja Subang
  • Nunik Nurmalasari STIE Sutaatmadja Subang
Keywords: Teknologi Digital, UKM, Keberlanjutan Bisnis

Abstract

Kebijakan Pemerintah berupa PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di masa covid-19 berdampak pada penurunan pendapatan UKM, sehingga penggunaan media sosial sebagai terobosan teknologi digital pada aktivitas bisnis UKM menjadi penting untuk kebertahanan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak strategi digital bisnis pada keberlanjutan UKM di Subang Jawa Barat. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah 30 UKM pada 9 kecamatan di Kota Subang Jawa Barat. Terapan teknologi digital diukur dengan dimensi Big data, Cyber-Physical System (CPS), Internet of Things(IoT), dan Interoperability. Sedangkan keberlanjutan bisnis menggunakan dimensi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapan strategi digital berpengaruh positif signifikan pada kinerja UKM. Gambaran terapan startegi digital yang belum cukup baik di UKM Kabupaten Subang memerlukan tindak lanjut berupa re-sosialisasi penggunaan teknologi digital yang tepat agar dapat mengelola kinerjanya dengan baik untuk kebertahanan bisnis.

Author Biographies

Rismayanti Awalliyah, STIE Sutaatmadja Subang

STIE Sutaatmadja Subang

Estu Widarwati, STIE Sutaatmadja Subang

STIE Sutaatmadja Subang

Nunik Nurmalasari, STIE Sutaatmadja Subang

STIE Sutaatmadja Subang

Section
Articles