PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI

  • Ariesma Setyarum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pekalongan
Keywords: Pendidikan Karakter, Sopan Santun, Anak Usia Dini

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah tantangan besar yang harus dihadapi pendidikan anak usia dini (PAUD) yaitu, bagaimana penanaman pendidikan karakter sopan santun pada anak usia dini. Adapun tujuannya adalah diharapkan dapat menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan objek peneltian anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, sajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini dapat melalui pembiasaan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Karakter yang dikembangkan berupa 1) pembiasaan mengucapkan kata “Permisi”; 2) pembiasaan mengucapkan kata “Maaf”; dan 3) pembiasaan kesantunan kata “Tolong dan Terima kasih”.

Author Biography

Ariesma Setyarum, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pekalongan

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pekalongan

Section
Articles