ANALISIS PENGARUH CAR, LDR, BOPO, SIZE, DAN NPL TERHADAP ROA (STUDI PADA BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016-2019)

  • Fuad Fawwazi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
Keywords: Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Beban Operasional Pendapatan Operasional, Ukuran Perusahaan, Non Performing Loan

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Beban Operasional Pendapatan Operasional, Ukuran Perusahaan, dan Non Performing Loan terhadap Return On Asset pada bank umum konvensional. Metode Penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Teknik yang digunakan untuk menguji dan menganalisis hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan pengolahannya menggunakan alat bantu SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset. Loan to Deposit Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset. Beban Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset. Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset. Non Performing Loan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset.

Author Biography

Fuad Fawwazi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Section
Articles