MEDIA SMART 3GO BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI
Abstract
Penggunaan teknologi sudah mempengaruhi kehidupan bermasyarakat tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Melalui penggunaan media diharapkan dapat mempermudah siswa dalam belajar. Dengan adanya media pembelajaran pada materi trigonometri, diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep abstrak trigonometri. Selain itu dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran problem solving, karena dengan menggunakan pendekatan problem solving cocok digunakan dalam pembelajaran yang melibatkan banyak konsep-konsep seperti materi trigonometri. Artikel ini membahas tentangĀ pengembangan media Smart 3go berbasis problem solving dengan menggunakan perangkat lunak Articulate Storyline 3. Sebagai referensi dalam pembelajaran matematika khususnya materi trigonometri dengan mencari kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas dari media Smart 3go. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Decide, Design, Develop, dan Evaluation (DDD-E). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket kepraktisan, angket pre-test dan post-test minat untuk menilai efektifitas media. Teknik analisis data pada angket validasi dan kepraktisan menggunakan skala likert, dari hasil perhitungan tersebut diperoleh presentase rata-rata validasi ahli sebesar 73% dengan kategori valid, sedangkan presentase rata-rata kepraktisan media sebesar 82% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan efektifitas media menggunakan rumus N-Gain diperoleh skor 34,71 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran Smart 3go berbasis problem solving dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya materi trigonometri.