PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan model pembelajaran merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pemilihan model pembelajaran yang baik sangat menentukan keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar, terdapat beragam model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, diantaranya model Problem Posing. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs IN dengan pembelajaran Problem Posing, (2) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar dengan pembelajaran Problem Posing, (3) Mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs IN antara pembelajaran Problem Posing dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di MTs IN Banyurip Ageng. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VIII D (kelas kontrol) dan kelas VIII F (kelas eksperimen). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Analisis data menggunakan uji hipotesis uji – z, uji regresi, dan uji – t. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji prasyarat dari penelitian ini menghasilkan bahwa sampel berasal dari data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Possing terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, agar guru dapat berupaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model pembelajaran yang kretif dan inovatif.