KALIMAT EFEKTIF DALAM SARI SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN 2019/2020

  • Sri Winanti Universitas Pekalongan
  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
Keywords: kalimat efektif, sari, skripsi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan kalimat efektif dalam sari skripsi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan tahun 2019/2020 dan mendeskripsikan faktor penyebab ketidakefektifan kalimat dalam sari skripsi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan tahun 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskripti kualitatif. Data penelitian berupa kalimat-kalimat yang terdapat dalam sari skripsi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan tahun 2019/2020. Sementara itu, sumber data dalam penelitian ini adalah sari skripsi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan tahun 2019/2020. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sari skripsi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Pekalongan tahun 2019/2020 terdapat kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan ciri kesepadanan struktur, kepararelan, ketegasan, kehematan, kelogisan, kecermatan, dan kepaduan. Hasil analisis penelitian dari 39 data, ditemukan 472 analisis. Dari analisis data tersebut, 302 (63,99%) dikategorikan sebagai kalimat efektif dan 170 (36,01%) dikategorikan sebagai kalimat tidak efektif. Adapun faktor penyebab ketidakefektifan kalimat disebabkan oleh kalimat bertele-tele, ketidaksepadanan, pleonasme, kesalahan nalar, dan penggunaan ejaan yang tidak sesuai PUEBI. Sebagian besar faktor yang paling dominan adalah ketidakkepaduan (kalimat bertele-tele) dan ketidakkecermatan (penggunaan tanda baca, ejaan dan ketepatan diksi).

Kata kunci: Kalimat Efektif, Sari, Skripsi

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe the use of effective sentences in the thesis extracts of Indonesian language and literature education students at Pekalongan University in 2019/2020 and to describe the factors causing the ineffectiveness of sentences in the thesis extracts of Indonesian language and literature education students at Pekalongan University in 2019/2020. This research is included in the type of qualitative descriptive research. The research data is in the form of sentences contained in the thesis extract of Indonesian language and literature education students at Pekalongan University in 2019/2020. Meanwhile, the source of the data in this research is the thesis of the students of Indonesian language and literature education at Pekalongan University in 2019/2020. The collection technique was carried out using reading techniques and note-taking techniques. The results showed that in the thesis extracts of Indonesian language and literature education students at Pekalongan University in 2019/2020 there were effective sentences and ineffective sentences based on the characteristics of structural equivalence, parallelism, firmness, frugality, logic, accuracy, and cohesiveness. The results of the research analysis of 39 data, found 472 analyzes. From the data analysis, 302 (63.99%) were categorized as effective sentences and 170 (36.01%) were categorized as ineffective sentences. The factors that cause the ineffectiveness of sentences are caused by long sentences, incompatibilities, pleonasm, reasoning errors, and the use of spelling that is not in accordance with PUEBI. Most of the most dominant factors are incoherence (long-winded sentences) and inaccuracy (use of punctuation, spelling and accuracy of diction).

Keywords: Effective Sentence, Sari, Thesis

Published
2022-09-19