CULTURAL SENSES REPRESENTED IN ENGLISH TEXTBOOK "THINK GLOBALLY ACT LOCALLY" FOR JUNIOR HIGHSCHOOL GRADE IX

  • Fikrotul Amna Salsabila Pekalongan University
  • Susanto Susanto Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis buku, Konten Budaya, Pengertian budaya, Representasi budaya, Textbook analysis, Cultural Content, Cultural senses, Cultural representation

Abstract

ABSTRAK

Bahasa adalah bagian dari budaya, dan budaya adalah bagian dari bahasa. Hampir tidak mungkin rasanya mempelajari bahasa tanpa mempelajari budaya dari bahasa itu sendiri. Dalam proses pembelajaran itu, penggunaan buku ajar sangat penting. Oleh karena itu, analisis aspek budaya sangat penting. Tujuan penilitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana suatu aspek budaya disajikan dalam buku ajar. Analisis konteks budaya dikategorikan menjadi empat aspek pengertian, yaitu estetika, sosiologis, semantik, dan pragmatik (Adaskou, Britten, & Fahsi, 1990). Objek penelitian ini adalah buku ajar dari Kemendikbud berjudul “Think Globally Act Locally” untuk SMP/MTs kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis konten untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang paling dominan adalah representasi aspek pragmatik. Aspek budaya yang ada direpresentasikan dengan aspek pragmatik (46%), Semantik (31%), sosiologis (14%), dan estetika (9%). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar buku ajar tidak hanya memuat aspek pragmatik atau teori grammar saja, tetapi juga aspek lain, khususnya aspek sosiologis. Karena pada akhirnya, kemampuan sosiologis memainkan peran penting dalam berkomunikasi, yang mana akan membantu peserta didik untuk mengembangkan pemahaman budaya mereka.

 

ABSTRACT

Language is a part of a culture and culture is a part of language. It is almost impossible to learn a language without learning the culture of the language itself. In that learning process, the use of textbook is crucial. Therefore, cultural content analysis in the textbook is important. This research aimed to find out the way cultural content are represented in a textbook. The cultural content analysis was categorize into four senses of culture, that is aesthetic sense, sociological sense, semantic sense, and pragmatic sense (Adaskou, Britten, & Fahsi, 1990). The research object was Kemendikbud’s English Textbook entitled “Think Globally Act Locally” for Junior Highschool IX. The research used descriptive qualitative approach with content analysis technique to analyze the data.The result shows that pragmatic sense representation is the most dominant. The culture are represented by the pragmatic sense (46%), Semantic sense (31%), sociological sense (14%), and aesthetic sense (9%). Based on the findings, it is recommended that textbook should include not only the pragmatic or grammatical theory, but also more other senses, especially sociological sense. Because at the end, the sociological skills plays vital role in communication, which will helps the learners to enganged their development of cultural understanding.

 

 

 

 

Published
2022-09-19