A HISTORICAL CONTENT ANALYSIS ON ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED “BAHASA INGGRIS” FOR GRADE X SENIOR HIGH SCHOOL

  • Hesti Indrasari Indrasari Universitas Pekalongan
  • Susanto Susanto Universitas Pekalongan
Keywords: Keywords: Textbook Analysis, Historical Text, English Language, Narrative Theory, Semiotic Theory.

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran bahasa inggris tidak hanya mengajarkan kompetensi linguistic tetapi juga kompetensi intercultural sehingga buku teks bahasa inggris harus menampilkan tidak hanya pengetahuan dan keterampilan berbahasa tetapi juga pengetahuan dan keterampilan tentang budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teks historikal pada buku teks bahasa inggris kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karena penelitian ini membahas tentang analisis isi buku teks sebagai bahan data atau dokumen, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti juga menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan semiotik dengan cara menganalisis, menggambarkan bagaimana isi atau masalah yang diteliti. Pendekatan ini digunakan dengan tujuan untuk menguraikan fokus penelitian yang menganalisis representasi konten sejarah baik dalam bentuk genre dan ideologi dibalik representasi tersebut pada buku teks bahasa Inggris yang berjudul “Bahasa Inggris” untuk kelas X SMA. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) konten sejarah direpresentasikan dalam bentuk genre naratif tentang tokoh-tokoh sejarah pembangungan dan perjuangan Indonesia (Cut NYak Dien dan Bj Habibi) serta peristiwa sejarah (perang 10 November Surabaya) (2) Pembahasan teks sejarah dalam buku teks "Bahasa Inggris" tidak lengkap, karena beberapa pembahasan yang tidak lengkap dan juga beberapa penghilangan karakter dalam cerita. Berdasarkan temuan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris dan lembaga pendidikan memperhatikan isi buku teks, terutama teks sejarah dan juga kesesuaiannya dengan kebutuhan siswa.

Kata Kunci: Analisis Buku Teks, Teks Histori, Naratif Teori, Semiotik Teori.

 

ABSTRACT

Learning English not only teaches linguistic competence but also intercultural competence so that English textbooks must display not only language knowledge and skills but also cultural knowledge and skills. This study aims to analyze the historical texts in English textbooks grade X published by the Ministry of Education and Culture. Because this study discusses the analysis of the content of textbooks as data or document material, this study uses qualitative research methods. Researchers also use descriptive and semiotic analysis approaches by analyzing, describing how the content or problem being studied. This approach is used with the aim of describing the focus of research that analyzes the representation of historical content in the form of genre and ideology behind the representation in an English textbook entitled “Bahasa Inggris” for grade X Senior High School. The findings of this study conclude that (1) historical content represented in the form of a narrative genre about historical figures of development and Indonesian struggle (Cut NYak Dien and Bj Habibi) and historical events (The Battle of Surabaya) (2) The discussion of historical texts in textbooks " English" is not complete, due to some incomplete discussions and also some omissions of characters in the story. Based on the findings of this study, the researcher suggests that English teachers and educational institutions pay attention to the contents of textbooks, especially historical texts and also their suitability to the needs of students.

Keywords: Textbook Analysis, Historical Text, English Language, Narrative Theory, Semiotic Theory.

Published
2022-09-19