THE ENGLISH COMPETENCE ACHIEVEMENT TOWARDS SPEAKING PERFORMANCE AT 3rd SEMESTER STUDENTS OF PEKALONGAN UNIVERSITY

  • Susi Dwi Avifah Universitas Pekalongan
  • Ida Ayu Panuntun Universitas Pekalongan
Keywords: English competence, Speaking, Students 3rd semester

Abstract

ABSTRAK
Speaking merupakan materi pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. Hal ini dikarenakan speaking merupakan merupakan salah satu factor yang paling penting dalam pengembangan kemampuan bahasa Inggris. Akan tetapi, siswa mengalami kesulitan dalam berbicara seperti, kurangnya kosakata, kurangnya tata bahasa, kesulitan dalam pengucapan, takut membuat kesalahan dan banyak factor lain yang menyebabkan kesulitan berbicara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan berbicara bahasa Inggris yang dihadapi oleh mahasiswa semester 3 Universitas Pekalongan. Dalam artikel ini mencoba untuk mengidentifikasi factor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan berbicara siswa. Peneliti menggunakan desain kualitatif dalam penelitian ini. Responden penelition berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dan tertulis yaitu dengan media whats app dan observasi. Proses analisis data dibagi menjadi tiga tahap utama sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki masalah dalam berbicara, yaitu: 85% responden kurangnya kosa kata, 65% responden merasa bingung bagaimana mengucapkan kata-kata dengan baik, 75% responden merasa bingung untuk mengatur kalimat berbicara dalam bahasa Inggris, selain itu, peneliti menemukan bahwa 60% responden merasa tidak percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris di tempat umum. 60% participant merasa cemas 80% responden merasa malu ketika ingin berbicara, dan 65% responden merasa kurang motivasi untuk belajar. Peneliti berharap temuan ini memberikan beberapa informasi yang berguna yang dapat digunakan oleh guru dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Inggris.
Kata kunci : Kompetensi bahasa Inggris, Berbicara, Mahasiswa semester 3
ABSTRACT
Speaking is a subject matter that must be learned by students. This is because speaking is one of the most importance factors in the development of English language skills. However, students have difficulty in speaking English such as, lack of vocabulary, lack of grammar, difficulties in pronunciation, afraid of making mistakes and many other factors that caused of speaking difficulties. This research was conducted to determine speaking difficulties faced by students 3rd semesters at Pekalongan University. In this article attempts to identify the factors that contribute to students speaking difficulties. The researcher used qualitative design in this research. The participants of the study were 20 students. Data was collected through structured and written interviews that is using whatsApp media and observation. The data analysis process is divided into three main stages as follows: data reduction, data display, and conclusion drawing and verification. The result of this research showed that the students had problem in speaking, they were: 85% respondents had lack of vocabulary, 65% respondents felt confused how to pronounce the words well, 75% respondents felt confused to arranged sentence. In addition, the researcher found that 60% respondents felt unconfident to speak English in public, 60% felt anxiety, 80% respondents felt shyness when they wanted to speak, and 65% respondents had lack of motivation to learning. The researcher hopes that these findings provide some useful information that can be used by teachers and stakeholders to improve the quality of teaching and learning English.
Keywords: English competence, Speaking, Students 3rd semester

Published
2022-09-22