ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN TEORI NOLTING

  • Tuqo Taufiqoh Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Kesalahan siswa, soal cerita, materi perbandingan, teori nolting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan
mendeskripsikan penyebab dari kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi
perbandingan berdasarkan teori nolting. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS Hidayatul Athfal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan tabel bantuan untuk mengetahui besar persentase kesalahan siswa. Siswa diberikan tes dalam bentuk soal cerita materi perbandingan serta dilakukan wawancara. Hasil pekerjaan subyek dianalisis berdasarkan teori nolting. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa pada kesalahan membaca petunjuk (misread-direction errors) sebesar 65, 62% yang disebabkan siswa tidak terlalu memperhatikan petunjuk pada soal. Kesalahan kecerobohan (careless errors) sebesar 31,25% yang disebabkan siswa terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Kesalahan konsep (concept errors) 84,37% yang disebabkan tidak memahami rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan penerapan (application errors) sebesar 34,37% yang disebabkan siswa tidak dapat menerapkan rumus dengan tepat dalam mengerjakan soal. Kesalahan saat melakukan tes (tes taking errors) sebesar 71,87% yang disebabkan siswa tidak menyelesaikan jawaban sampai akhir karena kekurangan waktu dalam mengerjakan soal.
Kata kunci : Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Perbandingan, Teori Nolting

Published
2022-09-22