ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP N 2 WIRADESA

  • Nurul Khikmah Universitas Pekalongan
  • M. Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: Bangun ruang sisi datar,Kemampuan berpikir kreatif,Jenis kesalahan siswa,Teori Newman

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase masing-masing aspek kemampuan berpikir kreatif siswa dan mengetahui jenis kesalahan siswa pada tiap aspek kemampuan berpikir kreatif.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu  teknik tes dan wawancara. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar cenderung dominan pada aspek Flexibility dengan jumlah presentase sebesar 72,6%. Selanjutnnya jenis kesalahan siswa pada aspek Fluency,siswa mengalami kesalahan proses. Pada aspek Flexibility, Originality, Elaboration siswa mengalami jenis kesalahan memahami  masalah.

Kata kunci : Bangun ruang sisi datar,Kemampuan berpikir kreatif,Jenis kesalahan siswa,Teori Newman

ABSTRACK

The purpose of this study was to determine the percentage of each aspect of students' creative thinking skills and to find out the types of students' errors in each aspect of creative thinking skills. The research method used was a case study. The data collection techniques used were test and interview techniques. The creative thinking ability of students in the flat-sided geometric material tends to be dominant in the Flexibility aspect with a percentage of 72.6%. Furthermore, the types of student errors in the Fluency aspect, students experience process errors. In the aspect of Flexibility, Originality, and Elaboration, students experience a type of misunderstanding problem.

Keywords : Build flat side space, Creative thinking ability, Types of student errors, Newman's Theory

Published
2022-09-22