THE IMPLEMENTATION OF GREETING CARDS TOWARDS STUDENTS' MOTIVATION IN SPEAKING PERFORMANCE

  • Ditafia Adiniannda mahasiswa
  • Pradnya Permanasari Univesitas Pekalongan
Keywords: language, speaking, motivation

Abstract

ABSTRAK

Bahasa merupakan alat dalam berkomukasi dengan orang lain. Dalam mempelajari bahasa seringkali menemukan kesulitan terutama dalam berbicara bahasa tersebut agar mudah dimengerti. Sehingga dalam mempelajari berbicara menggunakan bahasa membutuhkan motivasi. Artikel ini mempunyai tujuan yaitu untuk menemukan motivasi belajar berbicara bahasa inggris siswa kelas X SMK Muhammadiyah Karanganyar melalui kartu ucapan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu pre-test post-test dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini menemukan data yaitu 35 siswa. Hasil pre-test menemukan rata-rata 52,71 dan hasil post-test menemukan 92,57. Hal ini menunjukan bahwa greeting card mampu membuat siswa tertarik dengan pembelajaran bahasa inggris. Didukung juga oleh angket motivasi belajar yang dibagi menjadi tiga jenis kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan dari 15 soal 8 diantaranya berada di tingkat sedang, 2 diantaranya berada di tingkat rendah dan 5 diantaranya berada di tingkat tinggi. Bahwa dari 35 siswa dalam pembelajaran berbicara bahasa inggris membutuhkan motivasi.

Kata Kunci: bahasa, berbicara, motivasi.

 

ABSTRACT

Language is a tool in communicating with other people.  In learning a language, they often find it difficult, especially in speaking the language so that it is easy to understand.  So in learning to speak using language requires motivation.  This article has a goal, namely to find motivation to learn to speak English for class X students of SMK Muhammadiyah Karanganyar through greeting cards.  The research method used is descriptive qualitative with case study research.  In this study, two instruments were used, namely pre-test post-test and learning motivation questionnaire.  The results of this study found data that is 35 students.  The pre-test results found an average of 52.71 and the post-test results found 92.57.  This shows that greeting cards are able to make students interested in learning English.  It is also supported by a learning motivation questionnaire which is divided into three types of categories, namely high, medium and low.  The results showed that of the 15 questions, 8 of them were at the medium level, 2 of them were at the low level and 5 of them were at the high level.  That of 35 students in learning to speak English requires motivation.

Kata Kunci: Language, Speaking, Motivation.

Published
2022-09-22