ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

  • Abdul Mukhith Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Minat belajar, Analisis kesalahan Newman, Penyelesaian soal cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan Newman’s Error Analysis oleh siswa dengan minat belajar kategori rendah, mendeskripsikan jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan Newman’s Error Analysis oleh siswa dengan minat belajar kategori sedang, dan mendeskripsikan jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan Newman’s Error Analysis oleh siswa dengan minat belajar kategori tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket minat belajar siswa, tes, dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan kategori minat belajar rendah, sedang, dan tinggi memiliki kesalahan dalam menyelesaikan soal yang berbeda-beda. Siswa dengan kategori minat belajar rendah melakukan kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan kesimpulan. Siswa dengan kategori minat belajar sedang melakukan kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan kesimpulan. Dan siswa dengan kategori minat belajar tinggi melakukan kesalahan penulisan kesimpulan.

Published
2022-09-22