NEED ANALYSIS ON DEVELOPING TOURISM VLOG AS TEACHING MEDIA OF WRITING DESCRIPTIVE TEXT

  • Fasya Aina Irasati universitas pekalongan
  • Inayatul Ulya
Keywords: descriptive text, video-learning, youtube video learning, media learning

Abstract

ABSTRAK

Ada banyak bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi oleh orang-orang di seluruh dunia. Salah satunya adalah bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Banyak siswa di Indonesia yang tidak menyukai bahasa Inggris. Mereka mengalami kesulitan dalam menguasai penulisan Bahasa Inggris dalam mempelajarinya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi media pembelajaran sebagai alternatif siswa berbahasa asing pada siswa kelas 1 SMK Ma'arif NU DORO. Secara khusus makalah ini mencoba menjelaskan kondisi siswa dalam pembelajaran dan kemampuan dalam penulisan deskriptif teks. Yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD, duapuluh siswa sebagai partisipan dan seorang guru bahasa inggris sebagai validator video dan seorang IT sebagai validator video. Pengumpulan data dilakukan melalui quisoner yang disebarkan melalui WhatsApps untuk sisiwa dan validator menggunakan questioner yang diberikan kepada guru Bahasa Inggris serta ahli IT. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kesulitan memahami isi materi dengan media yang diberikan oleh guru disekolah. Keterbatasan fasilitas yang ada di sekolah membuat guru kesulitan mengembangkan media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa yang mempelajari deskriptip teks tidak maksimal dalam memahami dan nilai yang didapatkan kurang memuaskan. Setidaknya dapat ditarik beberapa kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: anggapan bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit dipahami, media yang ditawarkan kurang menarik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam penulisan Bahasa inggris. Dalam penelitian ini memberikan alternatif media pembelajaran berupa video-visual berupa vlog dimana dalam video menampilkan materi deskriptif teks. Selain itu, ada beberapa jenis kecemasan yang dialami siswa saat belajar bahasa Inggris, yaitu trait anxiety dan stait anxiety. Peneliti berharap temuan ini memberikan beberapa informasi yang berguna yang dapat digunakan oleh guru dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Inggris.

Kata Kunci : Deskriptif teks, Bahasa Inggris, media pembelajaran, RnD.

Published
2022-09-22