UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN LKPD KELAS XI MIPA SMA PGRI 2 KAJEN

  • Monica Febriana UNIKAL
  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Model CIRC berbantuan LKPD

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 2 Kajen pada materi matematika. Hal ini disebabkan karena adanya dampak pandemi yang mengharuskan siswa belajar secara mandiri dirumah dan pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga banyak siswa yang kebingungan dan kurang termotivasi saat pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya prestasi belajar matematika siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan  penelitian tindakan kelas melalui penggunaan model CIRC berbantuan LKPD yang berbentuk e-learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi, prestasi, dan keterlaksanaaan pembelajaran dengan model CIRC berbantuan LKPD. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua masing-masing terdiri atas 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes, angket, dan obervasi.   Selanjutnya data hasil tes, angket, dan observasi dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penggunaan model CIRC berbantuan LKPD yang berbentuk e-learning mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 2 Kajen. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata prestasi belajar pada tes akhir siklus I sebanyak 69,467 mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 79,733. Motivasi belajar peserta didik pada pengisian angket siklus I sebesar 41,167% dengan kategori sedang, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 51,044% dengan kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran dengan model CIRC berbantuan LKPD dinyatakan berhasil.

 

Published
2022-09-15