LITERASI 4.0: DIGITALISASI PENDIDIKAN SEBAGAI BUDAYA BARU DALAM PEMBELAJARAN DI ERA POST PANDEMIC

  • Ady Prasetyo Universitas Pekalongan
  • Aqila Nisfa Maulida Universitas Pekalongan
  • Azalia Shafa Olga Rahmasyah Universitas Pekalongan
Keywords: Literasi 4.0, Pendidikan Pasca Pandemi, Teknologi Pendidikan

Abstract

Pada tahun 2022 Indonesia menata dirinya untuk kembali bangkit dari keterpurukannya setelah pandemi Covid-19. Hal tersebut melahirkan budaya baru di Indonesia yang kita sebut sebagai post pandemic era. Dimana budaya baru tersebut mempengaruhi semua bidang kehidupan salah satunya pendidikan. Literasi 4.0 ini digagas untuk menjawab kebutuhan budaya baru dalam pendidikan di era post pandemic. Dimana peran teknologi informasi sangat dibutuhkan namun harus sejalan denga kualitas sumber daya manusianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan serta menelaah pendidikan pasca pandemi dengan literasi 4.0.  penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa post pandemic telah merubah metode pembelajaran yang sekarang ini, dimana teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan Namun diimbangi dengan sumber daya manusianya yang berkualitas

Published
2022-09-19