HUMANISASI PROSES PEMBELAJARAN: FENOMENA KETERGANTUNGAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

  • Nanda Ribatul Hilda Pemakalah
  • Moch. Syahrul Azhar
  • Viki Himatul Ulya

Abstract

Semakin majunya suatu teknologi mengakibatkan akan turunnya kualitas kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa seakan terlena akan semakin canggihnya teknologi terutama dalam menghitung, dengan adanya teknologi berupa kalkulator, photomath, dan sebagainya mengakibatkan seorang siswa malas berfikir dan menghitung secara manual. Hal ini tentu saja akan berdampak pada hasil belajar siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai ketergantungan akan teknologi dalam proses pembelajaran matematika dan solusi atas permasalahan tersebut.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis studi literatur. Implementasi dari teknik pendekatan studi literatur dengan mengkajian pustaka acuan yang relevan dengan topik yang menjadi kajian penelitian. Hasil dari penelitian ini dikatakan bahwa ketergantungan akan teknologi ini dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar, self-efficacy dan kesehatan mental siswa. Oleh karena itu perlu adanya humanisasi dalam proses pembelajaran. Dan salah satu solusi dari ketergantungan ini yaitu menggunakan model pembelajaran bermakna.

Kata Kunci : Humanisasi, Pembelajaran Matematika, Ketergantungan Teknologi

Published
2022-09-19