ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH POLYA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X

Keywords: Student Errors, Problem Solving Ability, Polya Steps

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persentase jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa kelas X MIPA 1 berdasarkan prestasi belajar pada kategori kemampuan tinggi, sedang, rendah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan langkah polya dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X MIPA 1 dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan langkah polya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan langkah polya. Adapun tahap penelitian yang di lakukan terdiri dari : tes kemampuan pemecahan masalah , analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa : 1) kemampuan pemecahan masalah yang termasuk dalam kategori tinggi (20%). 2)kemampuan pemecahan masalah yang termasuk dalam kategori sedang (53%). 3) kemampuan pemecahan masalah yang termasuk dalam kategori rendah (27%). Kemampuan pemecahan masalah berdasarkan prestasi belajar pada kategori tinggi dapat melaksanakan 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan prestasi belajar pada kategori sedang mampu melaksanakan 3 indikator kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan prestasi belajar pada kategori rendah dapat melaksanakan 2 indikator kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan langkah polya berdasarkan prestasi belajar pada materi trigonometri di berbagai kategori cukup mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa.

Kata kunci : Kesalahan Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, Langkah Polya

ABSTRACT

The purpose of the study was to find out the most types of errors made by students of class X MIPA 1 based on learning achievement in the category of high, medium, in solving problems based on polya steps and type of errors made by students of class X MIPA 1 in solving problem solving problems based on steps. polya. The research method used is descriptive qualitative to analyze student errors in solving problem solving problems based on polya steps. The research phase consists of: problem solving ability test, data analysis and drawing conclusions. The results of the research conducted showed that: 1) the ability to solve problems included in the high category (20%). 2) the ability to solve problems that are included in the medium category (53%). 3) the ability to solve problems that are included in the low category (27%). Problem solving based on learning achievement in the category can carry out 4 indicators of problem solving ability. Students with problem solving skills based on learning achievement in the medium category are able to carry out 3 indicators of problem solving abilities. Meanwhile, students with problem solving based on learning achievement in the low category can carry out 2 indicators of problem solving ability. From these results it was found that students' errors in solving polya problems based on learning achievement in trigonometry material in various categories that affect problem solving abilities.

Keywords: Student Errors, Problem Solving Ability, Polya Steps

Published
2022-09-19