EKSISTENSI DRAMA SERIES DAN POTENSINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA ABAD 21

  • Aprillia Agus Indah Putri sastra. pembelajaran abad 21
  • Muhammad Haryanto Universitas Pekalongan
Keywords: Eksistensi drama series;, media pembelajaran;, abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi drama series dan potensinya sebagai media pembelajaran sastra abad 21. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian berupa potongan scane drama series di WeTV dan sosial media yang dianalisis menggunakan teori media literasi digital. Kesimpulan drama series tetap eksis, (1) kualitas gambaran yang disuguhkan drama series, serta mudah ditonton diberbagai aplikasi, (2) alurnya yang terkesan ringkas, dan visualnya yang telah menyamakan kualitas dari dunia internasional, (3) jadwal tayang yang dibuat berjangka, (4) banyak media layanan video yang kini gencar merilis web series yang disiarkan sering menjadi trending di berbagai media sosial, (5) web series merajai sebagai hiburan yang populer di masyarakat terhadap kualitas dari web series, menjadi batu loncatan baru dalam dunia hiburan Indonesia. Potensi dalam series sebagai media pembelajaran abad 21 yaitu, (1) drama series tidak mengandung kekerasan, (2) adegan tidak mendorong melakukan perilaku seksual, (3) klenik, horor serta perbuatan melanggar hukum dan norma, (4) tidak menampilkan pergaulan bebas, (5) memuat pelbagai nilai budi pekerti, norma, serta pendidikan yang menstimulasi rasa ingin tahu sesuai umur, (6) jika mengangkat mengenai kekerasan serta sadisme dapat di tampilkan dengan tidak berlebihan.

Published
2022-07-26