ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Ainul Kirom Ainul Kirom Ainul Kirom
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa dan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki kemandirian dan motivasi yang berbeda-beda. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan datanya menggunakan triangulasi Teknik yaitu (1) wawancara, (2) tes, dan (3) angket. Hasil penelitian dari penelitian kualitatif ini adalah dari 26 siswa kelas penelitian diperoleh sebanyak 6 siswa memiliki tingkat kemandirian belajar rendah, 15 siswa memiliki tingkat kemandirian belajar sedang, dan 5 siswa memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi. Selain tingkat kemandirian belajar, juga diperoleh tingkat motivasi siswa yaitu dari 26 siswa juga menghasilkan 6 siswa memiliki motivasi belajar rendah, 15 siswa memiliki motivasi belajar sedang, dan 5 siswa memiliki motivasi belajar tinggi. Setiap siswa dengan kriteria masing-masing memiliki tingkat kemampuan komunikasi yang berbeda-beda.

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar

Published
2022-09-19