PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ZOOM AKIBAT COVID - 19 TERHADAP MAHASISWA PENJAS TINGKAT 4 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

  • Muhammad Fadhil Al 'Abidin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Weda universitas nusantara PGRI Kediri
  • Ardhi Mardiyanto Indra Purnomo universitas nusantara PGRI Kediri
  • M. Anis Zawawi universitas nusantara PGRI Kediri
Keywords: Problematika, zoom, Sarana Pembelajaran

Abstract

Penilitian ini akan memfokuskan pada problematika penggunaan zoom sebagai sarana pembelajaran akibat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa tingkat 4 Universitas Nusantara PGRI Kediri tahun 2021. Masih banyak mahasiswa yang mengalami beberapa kendala, yang dimana salah satunya tidak semua mahasiswa penjas tingkat 4 dengan mudah menerima pembelajaran daring dikarenakan perkuliahan dilakukan dengan teori dan praktik dan tujuan penlitian ini untuk mengetahui pembelajaran daring diprogram studi penjas, kendala dan upaya menghadapi kendala saat menggunakan zoom sebagai sarana pembelajaran daring diprogam studi penjas Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Metode penilitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek dosen penjas dan mahasiswa. Analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu sumber data, metode, teori.

Berdasarkan hasil penilitian pembelajaran daring secara umum untuk membahas suatu teori atau materi bisa efektif, tetapi tidak efektif jika diimplementasikan dalam segi skill dan kemampuan. Sedangkan Kendala saat menggunakan zoom sebagai sarana pembelajaran yaitu: kendala pada kurang stabilnya jaringan internet, pemborosan kuota dan sulitnya memonitoring partisipan. Sedangkan Upaya dalam menghadapi kendala saat menggunakan zoom sebagai sarana pembelajaran ialah dengan menerapkan pembelajaran yang interaktif kepada mahasiswa. Disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan zoom ada beberapa kendala dan juga ada upaya untuk mennghadapi kendala tersebut.

Published
2022-09-19