PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

  • Atik Dina Nasikhah Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia interaktif, Google Sites, Model ADDIE, Keywords: Development, Interactive Multimedia, Google Sites, ADDIE Model

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan multimedia pembelajaran matematika interaktif berbasis google sites dengan pendekatan kontekstual materi transformasi geometri yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), namun peneliti membatasi sampai tahap 4 yaitu implementation. Tahap pengembangan melibatkan 8 validator untuk menilai kevalidan multimedia pembelajaran yang dikembangkan menggunakan angket validasi. Tahap pelaksanaan dengan melibatkan 32 siswa di SMK Negeri 1 Batang dengan uji coba multimedia kemudian menilai kepraktisan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah produk multimedia pembelajaran matematika berbasis google sites dengan alamat website https://sites.google.com/view/transformasigeometrii , materi yang dibahas adalah transformasi geometri kelas XI. Berdasarkan penilaian dari 8 validator diperoleh  rata-rata 85,4% dengan kategori sangat valid, dan berdasarkan hasil angket siswa memperoleh rata-rata 81% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran matematika interaktif berbasis google sites dengan pendekatan kontekstual materi transformasi geometri sangat valid dan sangat praktis.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the results of the development of interactive mathematics learning multimedia based on google sites with a contextual approach to valid and practical geometry transformation material. The method used in this study is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation). , and Evaluation), but researchers limit it to stage 4, namely implementation. The development phase involved 8 validators to assess the validity of the learning multimedia developed using a validation questionnaire. The implementation phase involved 32 students at SMK Negeri 1 Batang with multimedia trials and then assessed the practicality of the learning multimedia that had been developed. The result of this research is a multimedia product for learning mathematics based on google sites with the website address https://sites.google.com/view/transformationgeometriii  the material discussed is the geometry transformation of class XI. Based on the assessment of 8 validators, an average of 85.4% was obtained in the very valid category, and based on the results of the questionnaire, students obtained an average of 81% in the very practical category. Thus, it can be concluded that the interactive mathematics learning multimedia based on google sites with a contextual approach to geometry transformation material is very valid and very practical.

Published
2022-07-26