PENDIDIKAN MORAL NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

  • Adam Maulana Romadhon Universitas Pekalongan
  • Ariesma Setyarum Universitas Pekalongan
Keywords: Pendidikan moral, novel Guru Aini, implikasi pembelajaran

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan moral merupakan pengetahuan untuk memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar. Moral pendidikan ada secara bersamaan dengan kondisi dan keadaan seperti rasa sedih, senang, lapar dan mengingat ketuhanan. pendidikan moral merupakan pendidikan karakter baik secara lahiriah maupun secara batiniah, di sampaikan melalui pembelajaran dan diterapkan berdasarkan interaksi pendidik dan murid, melalui karya sastra berupa novel yang memuat nilai-nilai pendidikan moral, hal tersebut dapat memberikan pengetahuan di dalam dunia Pendidikan maupun di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Pendidikan moral yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan mengetahui implikasi terhadap pelajarajan Bahasa Indonesia kelas XI SMA/SMK. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang di gunakan dalam penelitian berupa kutipan yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata mengenai nilai pendidikan moral. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini berupa Teknik baca dan mencatat. Berdasarkan data yang telah dianalisis, di temukan nilai pendidikan moral berupa aspek simpati dan empati, kepenaran, keramahan, kejujuran dan tanggung jawab, yang akan di implikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK.

Kata kunci : Pendidikan moral, novel Guru Aini, implikasi pembelajaran

Published
2022-09-19