ANALISIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SDK PURBO SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTE

  • Margareth Xyzquodamer Universitas Pekalongan
  • Ammara Dhiba Universitas Pekalongan
  • Salwa Adiaty Universitas Pekalongan
Keywords: Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter, Pendidikan Multikultural

Abstract

Sekolah merupakan sebuah wadah penting bagi para siswa untuk dapat mempelajari tentang multikulturalisme yang berada di masyarakat. Selain sebagai suatu wadah yang penting, sekolah dalam membangun pendidikan karakter dengan menerapkan pendidikan multikultural juga memberikan peran yang penting pada siswanya. Melalui pendidikan multikultural di sekolah, siswa belajar menerima dan memahami perbedaan budaya seperti perbedaan suku budaya, adat istiadat yang dianut dalam masyarakat luas dan bagaimana orang berperilaku. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis bagaimana pendidikan multikultural diterapkan di sekolah dasar Kristen purbo sebagai salah satu pilar dari pendidikan karakter. Berlandaskan Kurikulum 2013 yang diterapkan pada sekolah, pendidikan multikulturalisme ditemukan mampu untuk membangun pendidikan karakter secara tepat, efektif dan efisien. Adapun beberapa konten pendidikan multikulturalisme yang harus diperhatikan yaitu, produktif dan inovatif. Sehingga dapat menumbuhkan sikap toleransi antar siswa di sekolah dan memberikan kontribusi sosial di kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keberhasilan pendidikan multikultural di sekolah sehingga kemudian dapat diterapkan dalam bidang pendidikan Indonesia secara meluas.

Published
2022-09-19