PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PMRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KONTEKS BANGUNAN BERSEJARAH LAWANG SEWU

  • Nofia Septiani Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Penelitian pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), bangun ruang sisi datar, bangunan bersejarah Lawang Sewu

Abstract

Peserta didik membutuhkan desain pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman langsung untuk berinteraksi dan berfikir kritis. Materi bangun ruang sisi datar merupakan materi ranah geometri yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan memerlukan pemahaman secara kritis. Dengan adanya bahan ajar LKPD dengan PMRI pada materi bangun ruang sisi datar konteks bangunan bersejarah Lawang Sewu diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran langsung secara aktif yang dapat menarik minat peserta didik, karena dalam PMRI menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran dan memberikan ruang bagi peserta didik untuk berfikir luas serta adanya sisi kontekstual sehingga peserta didik mengetahui kaitan materi dengan kehidupan sehari-hari dan bangunan Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah di Indonesia yang mempunyai sisi geometris sangat tinggi pada bentuk bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan PMRI pada materi bangun ruang sisi datar konteks bangunan bersejarah Lawang Sewu yang valid dan praktis. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE  (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) untuk merancang sistem pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif berupa hasil wawancara dan analisis data kuantitatif berdasarkan hasil uji kevalidan dan uji kepraktisan produk. wawancara bertujuan untuk mengetahui permasalahan pada pembelajaran yang berlangsung. Uji kevalidan dengan skala likert menghasilkan rata-rata total validasi sebesar 3,51 dengan kategori sangat valid dan uji kepraktisan menghasilkan rata-rata total kepraktisan sebesar 3,17 dengan kategori praktis. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD yang di kembangkan sangat valid dan praktis. Sehingga bahan ajar LKPD dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2022-09-15