ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

  • Etika Putriningsih Universitas Pekalongan
Keywords: Field Dependent, Field Independent, Gaya Kognitif, Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2
siswa kelas XI TKJ I SMK Muhammdiyah Kajen yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan 1 siswa
dengan gaya kognitif field independent. Instrumen penelitian ini terdiri dari soal tes GEFT untuk menentukan gaya kognitif siswa,
soal tes berpikir kreatif berupa soal uraian pada materi peluang dan pedoman wawancara. Teknik pengambilan data yaitu
dengan teknik tes kemudian dilanjutkan dengan wawancara semi terstruktur untuk mengkonfirmasi kemampuan berpikir kreatif
siswa. Uji kredibilitas data dengan triangulasi, sedangkan teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek dengan gaya kognitif field dependent
memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan, sehingga subjek berada pada tingkatan berpikir kreatif level 1 dengan kategori
kurang kreatif. sedangkan subjek dengan gaya kognitif field independent memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan,
fleksibilitas, dan elaborasi, sehingga subjek berada pada tingkatan berpikir kreatif level 3 dengan kategori kreatif.

Published
2022-09-15