ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KAJEN

  • Ela Istikhoirini Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Literasi matematika, HOTS, Faktor penyebeb literasi matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS ditinjau dari proses matematikanya dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kemampuan literasi matematika di SMK Muhammadiyah Kajen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, sedangakan teknik analis data meliputi mereduksi data (data reduction), menyajikan data (display data), dan menarik kesimpulan (verification data). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di SMK Muhammadiyah Kajen berbeda-beda. Siswa yang berkategori tinggi memiliki kemampuan merumuskan situasi secara matematis, mampu menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalan matematika, dan mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. Sedangkan siswa yang berkategori sedang belum sepenuhnya mampu merumuskan situasi secara matematis, belum sepenuhnya mampu menggunakan konsep fakta, prosedur dan penalaran matematika. dan belum sepenuhnya mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. Dan siswa yang berkategori rendah, kurang mampu merumuskan situasi secara matematis, kurang mampu menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika, serta kurang mampu dalam menafsirkan dan mengevaluasi hasil matematika. Faktor-faktor penyebab kemampuan literasi matematika adalah kecerdasan siswa, perilaku siswa dalam pembelajaran matematika, motivasi siswa dalam belajar matematika, lingkungan kelas, strategi pembelajaran,  serta media dan alat pembelajaran yang tersedia.

Published
2022-09-15