UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE : LITERATURE REVIEW

  • Siti Uswatun Khasanah UNIVERSITAS PEKALONGAN
Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Learning cycle, Systematic Literature Review

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa melalui model
pembelajaran Learning cycle baik yang 5E yaitu Engagement, Eksploration, Eksplanation, Elaboration, dan
Evaluation maupun yang 7E Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, dan Extend . Metode
penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode literature review berdasarkan kajian penelitianpenelitian terdahulu yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview artikel
terkait model learning cycle terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dalam kurun waktu 2016-2021.
Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa melalui model pembelajaran Learning 5E yaitu Engagement,
Eksploration, Eksplanation, Elaboration, dan Evaluation maupun yang 7E Elicit, Engage, Explore, Explain,
Elaborate, Evaluate, dan Extend mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa

Published
2022-09-15