ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BERDASARKAN MINAT BELAJAR KELAS VII DI SMP N 03 TIRTO

  • Binar Kharisma Universitas Pekalongan
Keywords: Kata kunci : kesulitan belajar matematika, minat belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar siswa yang ditinjau dari minat belajar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis kesulitan belajar siswa yang ditinjau dari minat belajar. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa kelas VIIB di SMP N 03 Tirto dan setipa siswa mewakili masing-masing kategori minat belajar, yaitu minat belajar tinggi, minat belajar sedang dan minat belajar rendah. Adapun tahap penelitian yang dilakukan terdiri dari : pengisian angket minat belajar yang kemudian digolongkan ke dalam minat belajar tinggi, sedang dan rendah, mengerjakan soal tes untuk mengetahui kesulitan belajar siswa, wawancara,analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Pada minat belajar tinggi, siswa masih mengalami kesulitan yaitu kesulitan dalam menerapkan konsep berupa ketidakmampuan untuk menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan. Kesulitan dalam menerapkan prinsip berupa tidak menyelesaikan perhitungan. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal berupa tidak tepat dalam menarik kesimpulan. 2) Pada minat belajar sedang, siswa masih mengalami kesulitan yaitu kesulitan dalam menerapkan konsep berupa tidak memahami maksud soal. Kesulitan dalam menerapkan prinsip berupa tidak menyelesaikan perhitungan. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal berupa tidak tepat dalam menarik kesimpulan. 3) Pada minat belajar rendah, siswa masih mengalami kesulitan yaitu kesulitan dalam memahami maksud soal. Kesulitan dalam menerapkan prinsip berupa tidak menyelesaikan perhitungan. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal berupa tidak tepat dalam menerjemahkan model matematika.

Published
2022-09-15