SEBERAPA EFEKTIF MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI 1 PORTIBI?

  • Siti Khadijah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Albert Effendi Pohan Universitas Riau Kepulauan, Batam Indonesia
Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar

Abstract

Beberapa studi empiris menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami penurunan pasca pandemik Covid-19. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas jenis individual action research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Portibi Kabupatan Padang Lawas Utara sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan berganda. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa pada tiap-tipa siklus I, II dan III. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif untuk menentukan mean, median, modus, menyajikan interval kelas dan menyajikan ke dalam tabel dan grafik. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Inquiry pada siklus I mencapai nilai rata- rata sebesar 62.87 dengan kelulusan 22.86%. 2) Penerapan model pembelajaran Inquiry pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar
72.57 dengan kelulusan 80.00%. 3) Penerapan model pembelajaran Inquiry pada siklus III mencapai nilai rata-rata sebesar 85.17 dengan kelulusan 100%. 4) Implementasi model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9.7% dan dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 12.6% dengan persentasi kelulusan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran Inquiry sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Portibi Kabupatan Padang Lawas Utara.

Published
2022-09-15