PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS ANIMASI POWERPOINT PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIK SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG’S)

  • Indika Irkhamni Universitas Pekalongan
  • Muhamad Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: Animasi Powerpoint, Bangun Ruang, Media Pembelajaran Interaktif, Sustainable Development Goal’s

Abstract

Sustainable Development Goals (SDG’s) tentang pendidikan bertujuan untuk membentuk pendidikan yang berkualitas. Namun realitasnya, kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya karena penggunaan media pembelajaran oleh pendidik yang kurang tepat. Hal demikian mengakibatkan rendahnya minat belajar dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan terutama materi bangun ruang yang membutuhkan visualisasi. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat menguatkan pemahaman peserta didik. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran bangun ruang, pendidik membutuhkan media berupa animasi powerpoint. Adapun kriteria media yang dibutuhkan pendidik, yaitu jumlah slide dan animasi yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit serta tampilan yang tidak pernuh warna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media belajar berbasis animasi powerpoint materi bangun ruang yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Metode ini melalui dua tahap, yaitu perencanaan dan pengembangan produk awal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket yang diberikan kepada pendidik SMA. Adapun instrumen yang digunakan berupa lembar validasi. Metode analisis data yang digunakan berupa metode deskriptif. Hasil peran cangan ini berupa media animasi powerpoint materi bangun ruang dan hasil validasi. Media animasi powerpoint berisi cara penggunaan
media, apersepsi, materi, contoh, dan latihan soal. Adapun hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media tersebut valid digunakan dalam pembelajaran materi bangun ruang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) media pembelajaran yang dihasilkan memenuhi uji validitas dari ahli media dan ahli materi dengan nilai 0,696 pada kategori tinggi dan ahli media 0,705 pada kategori tinggi.

Published
2023-08-30