PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL ISLAM CLEKATAKAN

  • Dewi Rukoyah Universitas Pekalongan
Keywords: lembar kerja siswa (LKS), problem based learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan LKS pada mata pelajaran Matematika dengan muatan materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Nurul Islam Clekatakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  menggunakan model matematika berbasis Problem Based Learning (PBL). Tahapan model Problem Based Learning untuk mengembangkan LKS ini dimodifikasi menjadi empat tahapan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tiga tahap saja yaitu Define, Design, dan Develop karena keterbatasan waktu penelitian. Melalui tiga tahapan ini diharapkan dapat dihasilkan LKS matematika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa yang valid. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah angket validasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu : wawancara dan angket validasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 3 validator dosen dan 5 validator guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data hasil validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan LKS dari validator 4,3 dengan kualifikasi valid.

Published
2023-09-19