ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TURUNAN FUNGSI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

  • Nanda Ribatul Hilda Pemakalah
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan self-efficacy rendah, mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan self-efficacy sedang dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan self-efficacy tinggi berdasarkan prosedur Newman serta untuk mengetahui faktor penyebab yang melatarbelakanginya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 4 Pekalongan sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, angket self-efficacy dan wawancara. Instrumen penelitian tes yang digunakan 3 butir soal uraian dengan 2 subjek wawancara disetiap tingkat self-efficacy. Subjek wawancara dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria berdasarkan kesalahan terbanyak dan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan baik. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa dengan tingkat self-efficacy tinggi mengalami kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan self-efficacy sedang dan rendah mengalami kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu faktor kognitif, faktor ketelitian dan faktor waktu.

Published
2023-08-31