ANALISIS WACANA KRITIS PENDEKATAN TEUN A. VAN DIJK PADA PEMBERITAAN “PENTINGNYA TRANSFORMASI DIGITAL BIDANG PENDIDIKAN UNTUK ANAK INDONESIA” DETIK.COM DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA DI SMP

  • Ditha Nathasya Veronica Universitas Pekalongan
  • Afrinar Pramitasari Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis Wacana Kritis, Transformasi Digital, Detik.com

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks berita dan karakteristik AWK dalam pemberitaan dengan menggunakan pendekatan AWK Teun A. Van Dijk Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa pemberitaan berjudul “Pentingnya Transformasi Digital Bidang Pendidikan Untuk Anak Indonesia” dalam berita online Detik.com. Sumber data diperoleh dari berita online Detik.com edisi 31 Januari 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa (1) Tema yang diangkat yaitu transformasi digital bidang pendidikan, (2) Pendahuluan, isi, dan penutup mengenai inovasi digital yang harus masuk kedalam ruang belajar siswa, (3) Semantik meliputi latar tempat Jakarta, latar waktu 31 januari 2023, maksud Nadhiana tentang kelas yang butuh leadership, dan tanggapan mengenai kualitas layanan pendidikan anak. Sintaksis meliputi bentuk kalimat aktif dan pasif, koherensi, dan kata ganti orang pertama jamak dan orang ketiga tunggal. Retoris meliputi grafis yang ditemukan pada sampul berita (4) Karakteristik analisis wacana kritis yang meliputi tindakan Suhari dan Kemendikbudristek, konteks yang muncul tentang transformasi digital sebagai upaya untuk mendukung anak berpikir kritis, historis berawal dari perkembangan teknologi, kekuasaan yang dimiliki Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Sekjen Kemendikbudristek, dan ideologi dalam berita yang menggiring opini pembaca untuk menyetujui tujuan adanya transformasi digital. 

Published
2023-09-23