PENGEMBANGAN MODUL (RME) MATERI GEOMETRI DATAR UNTUK SISWA KELAS VII

  • Nur Kholis Esa Afandi Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan
Keywords: Bangun Datar, Modul, Penelitian Pengembangan, RME

Abstract

Pembelajaran sebagai bentuk dari proses pendidikan merupakan proses yang melibatkan banyak aspek untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti pada pembelajaran matematika ranah materi geometri yang erat kaitannya dengan aktivitas keseharian manusia sehingga untuk mencapai tujuan pembelajaran siswa perlu diberikan aspek khusus dalam proses pembelajaran yang bisa memberikan bentuk nyata atau realistis dari bangun-bangun yang diperlajari. Berdasarkan hasil observasi dengan mewawancarai guru matematika di MTs At-Tohiriah Watusalam, beliau menyebutkan bahwa pembelajaran di MTs At-Tohiriah Watusalam menggunakan modul, LKS, dan buku cetak yang diberikan oleh pemerintah. Sementara modul yang digunakan hanya berisi rumus, contoh soal, dan latihan soal, dan tidak ada unsur benda yang ada disekeliling siswa untuk memberikan gambaran atau contoh dari bangun yang dipelajari. Oleh karena itu dibutuhkan unsur khusus yang dapat mengaitkan materi dengan benda disekitar siswa, sehingga siswa diharapkan mampu lebih memahami materi yang ada pada modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengatahui kevalidan modul RME materi geometri datar untuk siswa kelas VII MTs At-Tohiriah Watusalam. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE  (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif berupa hasil wawancara dengan guru yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan pada pembelajaran yang berlangsung dan teknik analisis data kuantitatif berupa uji kevalidan produk dengan skala likert. Hasil uji kevalidan modul menghasilkan rata-rata total validasi sebesar 3,31 dengan kategori sangat valid. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar modul yang di kembangkan valid dan dapat menjadi membantu siswa dalam proses pembelajaran.

Published
2023-09-26