ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI DERET GEOMETRI DI MA SALAFIYAH SIMBANG KULON

  • Muhammad Fadhlur Ro'uf Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Deret Geometri, Kemampuan Penalaran, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan penalaran matematis yang ditinjau dari minat belajar siswa pada materi deret geometri. Penelitian dilakukan di MA S Simbang Kulon Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan data dalam penelitian bersumber dari tes, angket, dan wawancara. Subjek penelitian kelas XI IPA sebanyak 39 siswa dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling, yaitu dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan subjek dalam penelitian berdasarkan minat belajar siswa yang heterogen sehingga jawaban yang dihasilkan beragam. Adapun jumlah subjek wawancara adalah sebanyak enam siswa berdasarkan minat belajar yang dimiliki, yaitu dua siswa dengan minat belajar tinggi, dua siswa dengan minat belajar sedang, dan dua siswa dengan minat belajar rendah. Hasil penelitian menunjukan minat belajar berpengaruh dalam kemampuan penalaran matematis siswa. Adapun pengaruh tersebut yaitu: 1. Siswa dengan minat belajar tinggi menunjukkan kemampuan penalaran yang tinggi. Mereka mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis. 2. Siswa dengan minat belajar sedang menunjukkan kemampuan penalaran yang sedang dan tinggi. Mereka mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis tetapi ada satu indikator yang tidak terpenuhi yaitu pada kemampuan memeriksa kesahihan argumen. 3. Siswa dengan minat belajar rendah menunjukkan kemampuan penalaran yang rendah. Mereka hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu mengajukan dugaan.

Published
2023-09-26