PENINGKATAN HOTS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTU NEARPOD PADA MATERI EKOSISTEM

  • Alvira Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandunh
  • Idad Suhada UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asrianty Mas'ud
Keywords: Ekosistem, HOTS, Model Index Card Match, Nearpod, Siswa

Abstract

Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan. Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berfokus pada keterampilan berpikir, belajar bukan sekedar menghapal fakta atau menceritakan fakta. Keterampilan berpikir tingkat tinggi menekankan agar siswa dapat membangun pengetahuannya. Tujuannya dilakukan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa menggunakan model pembelajaran index card match berbantu nearpod pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian kelas X MIPA 1 SMAN 1 Bojongsoang yang berjumlah 22 orang. Sampel penelitian dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa pengukuran tes (pretest dan posttest) sebanyak 15 soal essay pada materi ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa dengan memperoleh nilai hasil rata-rata N-gain sebesar 0,58, dengan hasil rata-rata N-gain perindikator pada C4 (menganalisis) sebesar 0,44, C5 (mengvaluasi) sebesar 0,30 dan C6 (mencipta) sebesar 0,41 dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantu nearpod dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa pada materi ekosistem.

Published
2023-10-05