ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

  • Reska Dina Putri Universitas Riau
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Statistika

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan suatu kemampuan penting  yang perlu dimiliki siswa dalam mempelajari matematika. Kemampuan berpikir kritis matematis memungkinkan siswa untuk dapat memahami masalah, mengidentifikasi hubungan antarpernyataan, antarpertanyaan, maupun antarkonsep, menggunakan strategi dalam menyelesaikan masalah dan mengambil kesimpulan yang tepat. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu : interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Statistika Penelitian ini  merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa kelas VIII SMPN 2 Pangkalan Kerinci. Instrumen yang digunkan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis  yang terdiri dari 4 soal uraian dan pedoman wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan pedoman wawancara untuk memperkuat hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa A dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi dapat memenuhi keempat indikator secara konsisten pada keempat soal baik pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi maupun inferensi. Siswa B dengan kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi seluruh indikator tetapi hanya konsisten di indikator interpretasi pada keempat soal. Berdasarkan kemampuan akademis siswa dengan kategori rendah siswa belum mampu menginterpretasikan masalah, siswa masih salah dalam membuat rumus dan juga tidak mampu menyimpulkan suatu persoalan matematis dengan baik.

 

Published
2023-09-22