ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN TEORI NEWMAN

  • Laila Anggraini Safitri Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Kesalahan Siswa, Garis dan Sudut, Teori Newman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal garis dan sudut menggunakan indikator kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan spesifilk jenis penelitian kualitatif deskritif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII di MTs Salafiyah YAPENSA. Adapun Teknik pengumpulan data dengan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan tabel bantuan untuk mengetahui besar persentase kesalahan siswa. Siswa diberikan tes dalam bentuk soal uraian materi garis dan sudut. Hasil pekerjaan subyek dianalisis berdasarkan teori Newman. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa Siswa yang berkemampuan tinggi sering melakukan kesalahan dalam proses perhitungan atau atau prosess skill error. Karena Siswa terburu-buru dalam menjawab soal. Siswa yang berkemampuan sedang sering melakukan kesalahan dalam proses perhitungan atau atau prosess skill error dan kesalahan dalam penulisan atau encoding error. Karena siswa terburu-buru dalam menjawab soal, sehingga jawaban siswa kurang tepat. Siswa yang berkemampuan rendah sering melakukan kesalahan dalam membaca atau reading error, kesalah dalam memahami atau comprehension error, kesalahan dalam melakukan transformasi atau transformasi error, kesalahan dalam keterampilan proses atau prosess skill error, dan kesalahan dalam penulisan atau encoding error. Karena siswa belum memahani materi garis dan sudut.

Published
2023-09-26