PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP EL – HUSNA KANDEMAN

  • fadllulfarida Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
Keywords: Penemuan Terbimbing, Minat Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat  belajar siswa kelas VII A SMP El – Husna Kandeman pada materi matematika. Hal ini disebabkan proses pembelajaran matematika masih dilakukan dengan pembelajaran langsung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga kurang bervariasi untuk membangun keaktifan atau keterlibatan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan  penelitian tindakan kelas melalui penggunaan model penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat  belajar matematika siswa. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua masing-masing terdiri atas 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan instrumen nontes minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, tes dan angket.

 Selanjutnya data hasil observasi, tes dan angket dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model penemuan terbimbing mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar matematika siswa kelas VII A SMP El – Husna Kandeman. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematka siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Minat belajar peserta didik berada pada kriteria sebagian besar peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi.

 

Published
2023-09-26