ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Aulia Gunasetya Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Penalaran, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal dan mengetahui apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi Kemampuan penalaran siswa pada siswa kelas VIII G sebanyak 33 siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa tes tertulis Kemampuan penalaran dengan materi SPLDV dan wawancara. Setelah mengerjakan tes tertulis, kemudian akan diambil masing – masing 2 siswa yang mewakili setiap kategori yaitu, Kemampuan penalaran tinggi, Kemampuan penalaran sedang, dan Kemampuan penalaran rendah yang akan diwawancarai untuk mendapatkan data lebih lanjut. Selanjutnya akan seluruh data akan dianalisis dengan langkah – langkah berikut: analisis data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 siswa yang memiliki Kemampuan penalaran tinggi sebanyak 3 siswa (9%), siswa yang memiliki Kemampuan penalaran sedang sebanyak 4 siswa (11%) , dan siswa yang memiliki Kemampuan penalaran rendah sebanyak 28 siswa (80%). Faktor yang mempengaruhi Kemampuan penalaran adalah Siswa tidak mempelajari kembali apa yang sudah diajarkan oleh guru, siswa masih kesulitan memahami cara menggambar grafik, siswa tidak mengerti dengan yang dimaksud di soal, siswa tidak mengerti memanipulasi operasi matematika, siswa tidak teliti pada saat mengerjakan soal, siiswa belum memahami materi sehingga kesulitan untuk membuat kesimpulan, siswa tidak memahami konsep.

Published
2023-09-26