THE USE OF ENGLISH SUBTITLES IN AN ENGLISH MOVIE TITLED HARRY POTTER AND THE PHILOSOPHER STONE FOR READING COMPREHENSION FOR HIGH SCHOOL STUDENTS

  • Ammara Universitas Pekalongan
Keywords: Terjemahan, Film

Abstract

Tujuan kajian dalam penelitian ini adalah agar penulis lebih memfokuskan pada hasil pembelajaran membaca melalui media audio visual yang dikenal dengan film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini subjek penelitiannya adalah siswa SMA N 1 Wiradesa dan mereka diminta untuk menonton film berjudul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”. Namun, berbeda dengan pemutaran film di bioskop-bioskop Indonesia yang subtitle-nya berbahasa Indonesia, penelitian ini akan meminta subjek untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai pemahaman mereka dalam membaca pemahaman dalam membaca subtitle bahasa Inggris di film tersebut. penulis akan melakukan survei kuesioner untuk mengetahui kemampuan mereka dalam memahami plot film serta menentukan hasil dan manfaat menggunakan subtitle bahasa Inggris daripada subtitle bahasa Indonesia menggunakan tes dan kuesioner sederhana.