PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS GABI (GAME ANDROID BAHASA INDONESIA) DI UNIVERSITAS PEKALONGAN

  • Desyarini Puspita Dewi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
  • Afrinar Pramitasari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
  • Hanindya Restu Aulia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
Keywords: Game Android, Pembelajaran BIPA

Abstract

Penggunaan bahasa Indonesia dalam pendidikan di Indonesia telah diatur dalam UU No. 24 Tahun 2009, khususnya pasal 29 ayat (1) menyatakan bahwa bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional. Jadi, pedoman yang disampaikan melalui undang-undang tersebut, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing wajib menggunakan bahasa Indonesia ketika mengikuti program pembelajaran di negara Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang bersifat teoretis berbentuk teks-teks kurang efektif karena tidak menstimulus kemampuan pembelajar asing. Selain materi yang menarik dalam buku ajar yang digunakan, ketersediaan media-media pembelajaran juga akan sangat mendukung pembelajaran yang menyenangkan dan berarti. Pemanfaatan media GABI (Game Android Bahasa Indonesia) adalah solusi efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Era Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan pemanfaatan GABI dalam pembelajaran BIPA. Subjek penelitian mahasiswa University Brunei Darussalam yang berjumlah lima orang. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media GABI efisien digunakan sebagi media sekaligus sebagai alat evaluasi dalam pelatihan BIPA di Universitas Pekalongan. Pembelajaran BIPA terbukti menyenangkan dan mudah diterima oleh mahasiswa asing di Universitas Pekalongan.
Published
2020-01-05