AMBIGUITAS PADA JUDUL BERITA KORAN SUARA MERDEKA EDISI DESEMBER 2018 DAN IMPLIKASINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS BERITA KELAS VIII

  • Ayu Andriani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
  • Erwan Kustriyono Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
  • Ribut Achwandi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pekalongan
Keywords: ambiguitas, koran suara merdeka, menelaah teks berita

Abstract

Ambiguitas merupakan salah satu ilmu semantik dimana didalamnya mempelajari mengenai makna. Semantik tidak hanya mempelajari mengenai ambiguitas, akan tetapi didalam ilmu semantik terdapat beberapa ilmu makna lain yang ada di dalamnya. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada KD pembelajaran menelaah kebahasaan teks berita kelas VIII. Pembelajaran menelaah teks berita di dalamnya memuat mengenai bahasa yang disajiakan pada berita kemudian dianalisis kesalahan penulisannya. Penulisan kebahasaan tersebut sudah sesuai dengan kaidah kebahasaan atau terdapat kata yang ambigu. Kebahasaan dalam sebuah berita harus memperhatikan kaidah kebahasaannya, sehingga berita yang akan disajikan dapat dengan mudah dipahami oleh pembacanya.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis ambiguitas pada judul berita koran Suara Merdeka edisi Desember 2018. (2) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian ambiguitas pada judul berita koran Suara Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif-kualitatif. Penggunaan teknik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan data dari kalimat ambiguitas yang diperoleh dari judul berita Koran Suara Merdeka edisi Desember 2018. Hasil penelitian ini menemukan tiga jenis ambiguitas yaitu ambiguitas fonetik, ambiguitas gramatikal dan ambiguitas leksikal. Jenis ambiguitas yang sering muncul yaitu ambiguitas gramatikal hal ini dikarenakan kekurang lengkapnya kata sehingga mengakibatkan kalimat tersebut menjadi ambigu dan tidak logis. Materi mengenai ambiguitas makna dalam pembelajaran menelaah kaidah kebahasaan teks berita di kelas VIII dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran maupun bahan referensi pembelajaran bagi siswa kelas VIII.