PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS RME TOPIK ANTI TURUNAN PADA MATA KULIAH KALKULUS 2 (Studi Kasus: Prodi Matematika FMIPA Univ. Pamulang)

  • Ilmadi Ilmadi Universitas Pamulang
  • Yulianti Rusdiana Universitas Pamulang
  • Nina Valentika Universitas Pamulang
Keywords: Anti Turunan, RME, Pengembangan Bahan Ajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendesain bahan ajar berbasis RME pada topik Anti Turunan, bahan ajar ini dimplementasikan melalui modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mengkombinasikan design research model Plomp dengan model Gravemeijer & Cobb. Tahapan design research dalam penelitian ini yaitu fase penelitian pendahuluan, persiapan eksperimen, fase pengembangan prototipe, pelaksanaan eksperimen, analisis restrosfektif, dan fase penilaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas desain alur belajar melalui modul pembelajaran berbasis RME. Instrumen pengumpulan data yang digunakan: tes, lembar observasi, lembar wawancara, angket serta catatan lapangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 Prodi Matematika FMIPA Univ. Pamulang yang mengikuti perkuliah Kalkulus 2. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa desain alur belajar yang diimplementasikan melalui modul; pembelajaran berbasis RME yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid. Isi desain pembelajaran melalui alur belajar yang diimplementasikan pada modul pembelajaran berpedoman pada prinsip serta karakteristik RME. Konteks permasalahan yang dimuat pada desain pembelajaran disesuaikan dengan konteks kehidupan mahasiswa dan dapat membawa mahasiswa melakukan proses matematisasi. Proses matematisasi merupakan salah satu fokus utama pada desain pembelajaran ini, guna melatih mahasiswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan berdasarkan pengetahuan awal atau pengalaman. Desain alur belajar yang diimplementasikan melalui modul pembelajaran sudah praktis karena mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan efisien, menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran anti turunan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran topik anti turunan dengan menggunakan modul berbasis RME dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Published
2020-06-01