STUDI KEPUSTAKAAN: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR

  • Luthfia Qothrun Nada Universitas Pekalongan
Keywords: Contextual Teachiang and Learning (CTL), Pemahaman Konsep, Merdeka Belajar

Abstract

Era merdeka belajar sedang didengungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadhiem Anwar Makarim. Setiap siswa memiliki hak kemerdekaan dalam belajar, baik dalam kelas terbuka maupun kelas tertutup. Kemerdekaan belajar membebaskan siswa untuk membangun sendiri pengetahuan yang telah didapat dari proses pembelajaran. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa akan terbentuk secara sistematis apabila siswa dapat mengkonstruksikan pengetahuan matematisnya dan menkoneksikannya dalam masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menigkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam peneliti adalah Studi Kepustakaan. Studi kepustakaan juga disebut biblografi. Studi kepustakaan dilakukan dengan cara menelaah berbagai sumber bacaan yang memenuhi syarat keilmuan, seperti buku-buku, laporan penelitian, majalah ilmiah, surat kabar, karya tulis ilmiah, dan sebagainya. Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah. Konsep matematika akan lebih mudah dipahami saat siswa mampu memahami makna konsep matematika. Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa dituntun untuk mengaitkan konsep matematika dengan masalah sehari-hari, sehingga siswa dapat menangkap makna pembelajaran dan memahami konsep matematika secara utuh. Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki komponen-komponen khusus yang membedakan dengan pembelajaran yang lain. Komponen-komponen inilah yang akan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika.
Published
2020-06-01