RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH MORFOLOGI BAGI MAHASISWA DISABILITAS NETRA PADA PEMBELAJARAN INKLUSIF

  • Sunardi Universitas Dian Nuswantoro
  • Raden Arief Nugroho Universitas Dian Nuswantoro
  • Budi Harjo Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: media pembelajaran daring, analisis sintaksis, mahasiswa disabilitas netra, pembelajaran inklusif

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran daring mata kuliah morfologi bahasa Inggris bagi mahasiswa disabilitas netra dalam kegiatan pembelajaran inklusif, khususnya di Universitas Dian Nuswantoro. Perancangan media pembelajaran ini dilakukan melalui tahapan awal dalam pendekatan penelitian dan pengembangan, yaitu identifikasi masalah dan kebutuhan, pengumpulan data, dan perancangan produk. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa disabilitas netra pada Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, baik yang saat ini masih aktif kuliah mupun yang sudah lulus. Berdasarkan identifikasi masalah dan kebutuhan, dalam kegiatan pembelajaran inklusif bersama mahasiswa awas, mahasiswa disabilitas netra membutuhkan media pembelajaran daring yang memungkinkan mereka bisa mengakses materi pembelajaran mata kuliah morfologi, khususnya konsep sintaksis yang selama ini disampaikan melalui konsep visual. Selain itu, mereka juga memerlukan media analisis morfologi yang memungkinkan mereka melakukan segmentasi morfem pembentuk kata secara bertahap, misalnya dalam bentuk tabel bukan berbentuk diagram pohon yang selama ini digunakan dalam analisis morfologi.