STRATEGI GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI ISLAM DENGAN NILAI ANTIKORUPSI DI SD MUHAMMADIYAH SE-KAPANEWON DEPOK SLEMAN

  • Suyitno Universitas Ahmad Dahlan
  • Trisna Sukmayadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Awang Hesti Lestari Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Strategi Guru, Nilai Islam, Nilai Antikorupsi

Abstract

Kasus korupsi semakin meningkat dan sangat mengkhawatirkan maka perlu ada upaya dalam pencegahannya. Pencegahannya tidak cukup hanya dengan factor hokum saja namun perlu partisipasi semua eleman. Salah satunya yaitu sekolah melalui pendidikan di dalam kelas maupun diluar kelas sehingga membutuhkan strategi guru dalam mengajarkankannya terlebih bagi guru Al Islam Kemuhammadiyahan yang perlu mengintegrasikan nilai islam dan nilai antikorupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi berbasis Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian yang digunakan secara penelitian kualitatif. Metode dalam mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan unsur guru dan peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa strategi guru dalam mengintegrasikan nilai Islam dan nilai antikorupsi di SD Muhammadiyah se-Depok Sleman Yogyakarta yaitu: 1) Pengintegrasian nilai islam dan nilai antikorupsi melalui mata pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan 2) strategi guru dalam mengintegrasi nilai islam dan nilai antikorupsi melalui pembelajaran baik di dalam kelas maupun diluar kelas dengan cara memberi informasi, nasehat dan arahan sebagai keteladanan.