MODEL KOPING UNTUK MENGATASI STRES BELAJAR MATEMATIKA MELALUI APLIKASI BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Lucy Hariadi Universitas AKI
  • Jutono Gondohanindijo Universitas AKI
Keywords: Matematika, koping, multimedia interaktif, stres belajar

Abstract

Akar permasalahan terletak pada pembelajaran daring yang saat ini sudah berjalan selama hampir dua tahun akibat adanya pandemi Covid- 19. Matematika adalah salah satu pelajaran yang cukup ditakuti oleh siswa dan termasuk mata pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri ketika harus dipelajari secara daring. Hal ini menimbulkan stres tersendiri pada siswa saat mempelajari Matematika. Metode pembelajaran berbasis multimedia interaktif menjadi salah satu alternatif solusi bagi siswa dalam mempelajari Matematika secara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai model coping stress guna mengatasi stres belajar Matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas lima dari dua Sekolah Dasar yang sudah terbiasa menggunakan perangkat komputer ataupun telepon pintar sebagai media dalam pembelajarannya