PEMBELAJARAN MATEMATIKA HUMANIS DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Rochmad Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Universitas Negeri Semarang
  • Fahrudin Eko Hardiyanto Universitas Pekalongan
  • Muhammad Haryanto Universitas Pekalongan
Keywords: humanis, pembelajaran pandemi COVID-19, pembelajaran matematika, pendidikan matematika realistik

Abstract

Tantangan era revolusi industry 4.0 dan masa pandemi COVID-19 menjadikan guru matematika lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun perangkat pembelajaran agar peserta didik tetap memahami materi meski belajar dari rumah. Belajar dari rumah mengharuskan motivasi dan kemandirian belajar dari siswa. Agar terciptanya kondisi demikian maka perlu pembelajaran matematika yang humanis sehingga tanggapan negative terkait matematika berkurang. Adapun model pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya active learning, Methaporical Thinking, dan PMR (Pendidikan matematika realistic). Selain itu dapat pula dibantu media pembelajaran berupa LKPD (lembar kerja peserta didik) dan video pembelajaran.